PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN SAINS MELALUI KEGIATAN SCIENCE INNOVATION CAMP (SIC)  PELATIHAN ALAT UJI ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT

Authors

  • A.A Saputri SMA Negeri 2 Sandai
  • Frestika Dania Yanti SMA Negeri 2 Sandai
  • Suriansyah SMA Negeri 2 Sandai
  • Selvi Wulandari SMA Negeri 2 Sandai

Keywords:

Kreativitas, Keterampilan Praktis, Motivasi, Pembelajaran Berbasis Praktikum, Science Innovation Camp

Abstract

Program Science Innovation Camp (SIC) di SMA Negeri 2 Sandai bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan sains melalui pelatihan pembuatan alat uji elektrolit dan non-elektrolit. Program ini memperkuat pemahaman siswa mengenai konsep sains yang abstrak dengan mengintegrasikan teori dan praktik. Selain itu, program ini fokus pada pengembangan kreativitas dan keterampilan praktis siswa, memotivasi mereka untuk lebih aktif belajar, dan mempersiapkan mereka menghadapi tantangan di dunia kerja dan pendidikan tinggi. Pelaksanaan program melibatkan persiapan modul pelatihan, sesi teori, praktik pembuatan alat uji, dan evaluasi hasil. Siswa dibimbing oleh guru dan tim pelaksana, dengan proses yang dipantau secara berkala. Sampel siswa dipilih menggunakan teknik purposive sampling, dengan target minimal 20 siswa per sesi pelatihan. Instrumen yang digunakan meliputi modul pelatihan, lembar observasi, kuesioner, dan tes praktikum. Hasil menunjukkan keterlibatan siswa yang tinggi, kemampuan perakitan alat yang baik, kepatuhan terhadap prosedur, kerja sama tim yang solid, dan pemahaman konsep yang mendalam. Program ini tidak hanya meningkatkan pemahaman teoretis siswa tetapi juga memberikan pengalaman praktis yang mendalam, memperkuat keterampilan sosial dan minat terhadap sains. Program ini terbukti efektif dalam mengajarkan konsep sains yang kompleks dan memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa.

References

Atika Cahya Fajriyati Nahdiyah, Sigit Prasetyo, Nidya Ferry Wulandari, & Ach Chairy. (2023). Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM) Dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Humanisme. Jurnal Filsafat Indonesia, 6(2). https://doi.org/10.23887/jfi.v6i2.56092

Azizah, F., Pramesti, W., Fitriani, F., Pgri, U., & Buana, A. (2022). Analisis Education Mapping Terkait Pengelompokkan Kesenjangan Pembangunan Pendidikan Menurut Provinsi Di Indonesia. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 7(2).

Denny, K., Meke, P., Astro, R. B., & Daud, M. H. (2022). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Dampak Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka ( MBKM ) pada Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1).

Hasnidar, S. (2020). Pengembangan Media Belajar Pop-Up Book Materi Sistem Koloid untuk Peserta Didik. Jurnal Kinerja Kependidikan, 2(2).

Herman, M., Rahmi, E., Hanifan, N., & Herman, H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Berbasis Android Terintegrasi Nilai Keislaman pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit untuk Tingkat SMA/MA. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(3). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2829

Hidayati, N. (2022). Kombinasi Model Project Based Learning dan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Integrasi Sains Dan Qur’an, 2(1).

JEFERSON POLII, S.Si, M. T. (2019). Peningkatan Kualitas Dan Minat Terhadap Materi Fisika Mekanika Sebagai Persiapan Menghadapi Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pada Tim Olimpiade Sains Fisika SMA NEGERI 9 Manado. Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).

Jumiati, J., & HS, Y. (2018). Analisis Kemampuan Bertanya Dan Berkomunikasi Siswa Pada Pembelajaran Biologi Di Kelas XI IPA SMA It Al-Ittihad Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018. Bio-Lectura, 5(02). https://doi.org/10.31849/bl.v5i02.2051

LAZULVA, L., Soleman ritonga, P., Yasthophi, A., & Khafidhotus Sholikhah, S. (2023). Desain Dan Uji Coba Media Video Pembelajaran Kimia Menggunakan Software Adobe AfterEffect Model ICARE Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit. Journal of Research and Education Chemistry, 5(2). https://doi.org/10.25299/jrec.2023.vol5(2).14829

Meke, K. D. P., Astro, R. B., & Daud, M. H. (2021). Dampak Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1940

Meke, K. D. P., Astro, R. B., & Daud, M. H. (2022). Impact of the Independent Campus Learning Policy (MBKM) at private Universities in Indonesia. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1).

Octarya, Z., & Fadhillah, F. (2023). Desain dan Uji Coba Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline 3 Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Konfigurasi : Jurnal Pendidikan Kimia Dan Terapan, 7(1). https://doi.org/10.24014/konfigurasi.v7i1.21556

Santi, A. N. is, & Rahayu, M. (2022). Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit Menggunakan Instrumen Multirepresentasi Four-Tier Diagnostic Test Berbasis Piktorial. UNESA Journal of Chemical Education, 11(3). https://doi.org/10.26740/ujced.v11n3.p210-219

Santri Fahmi, S. F. S. F. (2022). Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. At-Tadris: Journal of Islamic Education, 2(1). https://doi.org/10.56672/attadris.v2i1.70

Syafitri, A., Sari, D. P., & Anggraini, D. P. (2022). Pelatihan Alat Uji Sederhana Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit pada Siswa Kelas X SMK Bintang Langkat di Kabupaten Langkat. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(6). https://doi.org/10.54082/jamsi.499

Umasangadji, M., Umar, S., Limatahu, N. A., & Muin, F. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit Di SMA Negeri 3 Kepulauan Sula. Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU), 3(1). https://doi.org/10.33387/jpku.v3i1.6405

Yanur, Salim, A., & Utama, A. H. (2024). Pemanfaatan Zenius.Net Sebagai Bentuk Inovasi Untuk Mendukung Pembelajaran Mandiri. Journl of Instruction Tecnology, 5(1).

Downloads

Published

2025-03-12

Issue

Section

Articles