ANALISIS KARAKTER TOKOH UTAMA DALAM TENGGELAMNYA KAPAL VAN DER WIJCK DAN IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN

Authors

  • Iin Sudianto SMA Negeri 2 Sandai
  • Evi Dwi Lestari SMA Negeri 2 Sandai
  • Ali Wahyudin SMA Negeri 2 Sandai
  • Lukbi Nurmnsyah SMA Negeri 2 Sandai

Keywords:

Buya Hamka, Karakterisasi, Pendidikan karakter, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Struktur naratif

Abstract

Novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck karya Buya Hamka merupakan salah satu karya sastra klasik yang memiliki nilai literer tinggi serta mengandung pesan moral yang kuat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakterisasi tokoh utama, struktur naratif, serta aspek kebahasaan dalam novel ini, sekaligus mengkaji kontribusinya terhadap pendidikan karakter dan pembelajaran bahasa Indonesia. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan analisis sastra dan pendidikan karakter. Data dikumpulkan melalui studi dokumen, yang mencakup pembacaan mendalam terhadap teks novel serta kajian literatur dari penelitian terdahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakterisasi tokoh utama, khususnya Zainuddin dan Hayati, merefleksikan konflik sosial dan tekanan adat yang membentuk dinamika cerita. Struktur naratif dalam novel ini mengikuti pola alur klasik dengan tahapan eksposisi, konflik, klimaks, peleraian, dan resolusi, yang memperkuat tema pengorbanan dan keterbatasan individu di hadapan norma sosial. Dari aspek kebahasaan, penggunaan diksi puitis, metafora, dan bahasa Melayu klasik memperkaya estetika sastra serta memberikan wawasan tentang perkembangan bahasa Indonesia. Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa novel ini tidak hanya berperan sebagai karya sastra tetapi juga sebagai media pembelajaran yang efektif dalam membentuk karakter, pemahaman budaya, serta keterampilan literasi peserta didik.

References

Abrams, M. H. (2015). A Glossary of Literary Terms (10th ed.). Boston: Cengage Learning.

Afifah, L. N. (2021). Perubahan Tokoh dalam Novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck Karya Hamka. journal.uniku.

Braun, V., & Clarke, V. (2019). Thematic Analysis: A Practical Guide. SAGE Publications.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (4th ed.). SAGE Publications.

Heriady, J. N., Rafiek, M., & Hermawan, S. (2022). Hubungan antara Peristiwa dan Perubahan Karakter Tokoh dalam Novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck Karya Hamka. locana.id

Hidayat, R. (2022). Peran Pembelajaran Bahasa dan Sastra dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik. ojs.mahadewa.ac.id

Hidayati, N. (2020). Peran Sastra dalam Pendidikan Karakter. id.scribd.com+2journal.amikveteran.ac.id+2eprints.umk.ac.id+2

Junaidi, J. (2020). Peran Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. ojs.mahadewa.ac.id+6journal.amikveteran.ac.id+6id.scribd.com+6

Lickona, T. (2021). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. Bantam Books.

Lustyantie, N. (2019). Peran Pendidikan Bahasa dan Sastra dalam Membangun Karakter Bangsa yang Bermartabat. pps.unj.ac.id

Nurgiyantoro, B. (2018). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Saputra, D. (2019). Peran Pembelajaran Sastra dalam Pendidikan Karakter. id.scribd.com

Sitepu, E. J. (2019). Karakterisasi Tokoh dalam Novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck Karya Hamka. library.unja.ac.id

Stanton, R. (2017). An Introduction to Fiction. New York: Pearson Education.

Sudrajat, A. (2018). Nilai Pendidikan dalam Novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck Karya Hamka: Sebuah Analisis Unsur Tema, Tokoh, Perwatakan, Amanat. journal.uniku.ac.id

Suryani, N. L. (2021). Pentingnya pembelajaran bahasa dan sastra dalam penguatan karakter peserta didik.

Widananta, R. A. (2023). Peran Sastra dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. journal.amikveteran.ac.id

Yulianti, R. (2021). Analisis novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck karya Buya Hamka dalam perspektif budaya Siri’.

Downloads

Published

2025-03-12

Issue

Section

Articles