GREEN SCHOOL MOVEMENT: PROGRAM PENGHIJAUAN BERBASIS PARTISIPASI SISWA DI SMAN 2 SANDAI

Authors

  • Selvi Wulandari SMA Negeri 2 Sandai
  • Frestika Dania Yanti SMA Negeri 2 Sandai
  • Suriansyah SMA Negeri 2 Sandai

Keywords:

GSM, penghijauan, kesadaran lingkungan, keterampilan praktis, pendidikan lingkungan, generasi hijau, partisipatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan keterampilan siswa SMAN 2 Sandai dalam bidang penghijauan dan pelestarian lingkungan melalui program Green School Movement (GSM) yang dilaksanakan oleh Biologi club SMAN 2 Sandai. Program ini menggabungkan sesi teori dan praktik yang komprehensif untuk memberikan pengetahuan teoritis serta keterampilan praktis yang diperlukan dalam penghijauan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan partisipatif, melibatkan 32 siswa yang dipilih secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data meliputi pretest, posttest, observasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pengetahuan dan keterampilan siswa mengenai penghijauan, dengan peningkatan rata-rata skor post-test sebesar 30%. Sebanyak 95% siswa merasa lebih siap dan termotivasi untuk melanjutkan kegiatan penghijauan di rumah dan lingkungan sekitar, serta 75% siswa merasa lebih percaya diri dalam melakukan penghijauan. Program ini berhasil menanamkan nilai-nilai keberlanjutan dan membangun generasi yang peduli terhadap lingkungan. Dengan pendekatan sistematis dan terstruktur, program GSM ini diharapkan dapat dijadikan model untuk sekolah-sekolah lain guna memperluas dampak positif terhadap lingkungan.

References

Cyly, Z., Dalu, A., Satrio, A., Nurwitta, T., Aprastin, B., & Maulidah, S. (2023). Platform Microlearning Object Berbantuan Open AI (Artificial Intelligence) sebagai Upaya Membangun Lingkungan Pembelajaran Mandiri Bagi Mahasiswa Pelaksana MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Epistema, 4(2).

Dewi, L., Kurniawan, D., Matsumoto, T., Rachman, I., & Mulyadi, D. (2020). Pendidikan Lingkungan Hidup Mengenai Pengelolaan Dan Pengolahan Sampah: Perspektif Peserta Didik. Edutech, 1(2).

Hidayat, M. N. F. (2022). PKM Pendampingan Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Perguruan Tinggi Pesantren Zona Tapal Kuda Jawa Timur. GUYUB: Journal of Community Engagement, 3(1). https://doi.org/10.33650/guyub.v3i1.3676

Hutabarat, P. K., & Sumantri, E. (2019). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Masyrakat dalam Meningkatkan Kesadaran Sikap Peduli Sosial Perserta Didik (Studi Kasus di SMA Kartika XIX-12 Bandung). Artikel Prosiding Seminar Nasional.

Kampus Merdeka. (2022). Apa itu MBKM? Kampus Merdeka.

Kusnadi, E., Nur’aeni, N., Asrofi, I., Ramadani, R., & Lutfi, K. M. (2022). Respon Mahasiswa dalam Implementasi Kebijakan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka pada Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(3). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2702

Munisah Munisah, A. E. K. B. A. N. (2018). Pendidikan Lingkungan Melalui Pembelajaran IPS Dengan Pendekatan Project Based Learning Dalam Menciptakan Sekolah Hijau. Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 9(1).

Ningrum, M. N. W., Bupu, J. M., Pandina, Si., Halim, A., Rodiyah, R., Wardhani, T., Ecca, S., Mustanir, A., Ahmad, J., Ramlan, P., Adri, K., Mardhatillah, M., Sulaiman, Z., Dzikria, I., Narulita, L. F., Susilawati, N., Ayu, G., & Kusumah, P. (2021). JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN SAINS INDONESIA Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka ( BMKM ) Di Program Studi Kimia Universitas Nusa Bangsa. The 4th Conference on Innovation and Application of Science and Technology, 2(Ciastech).

Perkasa, M., & Aznam, N. (2016). Pengembangan SSP kimia berbasis pendidikan berkelanjutan untuk meningkatkan literasi kimia dan kesadaran terhadap lingkungan. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1). https://doi.org/10.21831/jipi.v2i1.10269

Rahman, T., & Rayuningtya, P. (2022). Persepsi mahasiswa dan dosen STT STIKMA internasional terhadap penerapan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Taman Vokasi, 10(2). https://doi.org/10.30738/jtvok.v10i2.13260

Riyadi, S., Harimurti, R. S., & Ikhsan, J. (2022). Dampak Implementasi MBKM Terhadap Pengembangan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Menuju Research Excellence University. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1991

Sandfreni. (2021). Keterlibatan Mahasiswa Pada Implementasi Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (GSM) Di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Esa Unggul. Jurnal Abdimas, 8(2).

Sitti Hasnidar, S. H. (2019). Pendidikan Estetika Dan Karakter Peduli Lingkungan Sekolah. Jurnal Serambi Ilmu, 20(1). https://doi.org/10.32672/si.v20i1.997

Suwaryo, P. A. W., Yuwono, P., & Zikro, A. W. (2023). Pengurangan Risiko Bencana Kekeringan Melalui Peningkatan Kapasitas Remaja di Lingkungan Sekolah. Jurnal Pengabdian Perawat, 2(1). https://doi.org/10.32584/jpp.v2i1.2061

Downloads

Published

2025-03-12

Issue

Section

Articles