INTEGRASI TRADISI KEAGAMAAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS
Keywords:
PAI Learning, Religious Traditions, Local Wisdom, Contextual Education, Character EducationAbstract
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang kontekstual dan berbasis budaya lokal menjadi kebutuhan dalam menjaga relevansi ajaran Islam dengan kehidupan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis integrasi tradisi keagamaan berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran PAI di SMAN 2 Sandai serta efektivitasnya dalam meningkatkan pemahaman keislaman dan karakter religius peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus berbasis best practice, di mana guru PAI berperan sebagai peneliti. Data dikumpulkan melalui jurnal reflektif guru, wawancara dengan kepala sekolah, guru, peserta didik, dan tokoh masyarakat, serta observasi dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi tradisi seperti tahlilan, Maulid Nabi, pemulasaraan jenazah, dan saprahan mampu memperkuat pemahaman peserta didik terhadap nilai-nilai Islam, sekaligus membentuk kesadaran sosial dan spiritual. Dukungan sekolah dan masyarakat menjadi faktor utama dalam keberhasilan model ini, meskipun terdapat tantangan dalam pengelolaan waktu dan ketersediaan bahan ajar berbasis tradisi lokal. Diskusi penelitian mengungkap bahwa pendekatan ini tidak hanya menciptakan pembelajaran yang lebih bermakna, tetapi juga berperan dalam melestarikan nilai-nilai Islam di tengah modernisasi. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa pembelajaran PAI berbasis tradisi keagamaan lokal efektif dalam meningkatkan pemahaman agama dan membangun karakter peserta didik. Rekomendasi mencakup penyusunan kurikulum yang lebih fleksibel, pelatihan guru, serta penguatan kolaborasi antara sekolah dan masyarakat agar model ini dapat diterapkan secara lebih luas dan berkelanjutan.References
Hidayat, T. (2018). Penerapan Pembelajaran Kontekstual dalam Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa terhadap Nilai-Nilai Lokal. Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 123-135.
Mulyadi, S. (2019). Integrasi Budaya Lokal dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas. Tarbiya: Journal of Education in Muslim Society, 6(1), 45-58.
Nurhayati, L. (2020). Peran Kearifan Lokal dalam Pembentukan Karakter Siswa melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 25(3), 299-312.
Prasetyo, B. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kompetensi Spiritual Siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 54(2), 89-101.
Rahmawati, D. (2022). Implementasi Tradisi Keagamaan Lokal dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Sikap Religius Siswa. Jurnal Studi Islam dan Pendidikan, 9(1), 67-80.
Saputra, E. (2023). Pengaruh Integrasi Kearifan Lokal dalam Pembelajaran PAI terhadap Penguatan Karakter Siswa di SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 15(1), 55-68.
Sari, M. (2016). Pendidikan Multikultural Berbasis Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 99-112.
Wahyudi, A. (2018). Strategi Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Pembelajaran PAI untuk Meningkatkan Toleransi Beragama Siswa. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 10(3), 215-228.
Yusuf, M. (2019). Peran Guru dalam Mengintegrasikan Kearifan Lokal ke dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 24(2), 145-158.
Zahra, N. (2020). Pengembangan Modul PAI Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa terhadap Nilai-Nilai Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 33-46.
Zulkifli, H. (2021). Integrasi Tradisi Keagamaan Lokal dalam Pembelajaran PAI sebagai Upaya Pelestarian Budaya dan Penguatan Karakter Siswa. Jurnal Tarbiyah, 28(1), 77-90.
Abdullah, A. (2017). Revitalisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Pendidikan Karakter di Sekolah. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1), 15-26.
Aini, N. (2023). Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Pembelajaran PAI untuk Meningkatkan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 89-102.
Hasan, M. (2023). Integrasi Nilai-Nilai Budaya dalam Pendidikan Islam. Literasiologi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(1), 101-110.
Hayati, C. I., Nurasiah, & Bahri, S. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Pendidikan Agama Islam: Studi Kasus di Lombok Timur. Jurnal Ilmiah Citra Bakti, 5(1), 67-80.
Irfan, Ruslan, & Nasaruddin. (2025). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Kearifan Lokal sebagai Upaya Pembentukan Karakter di SMP Insan Kamil Kota Bima. Jurnal Pedagogos, 7(1), 63-75.
Khatimah, H. (2024). Desain Pembelajaran PAI Berbasis Kearifan Lokal. Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Parepare.
Mulyadi, A. (2021). Integrasi Islam dan Budaya Lokal dalam Pendidikan: Studi Kasus di Desa Bulutellue, Kabupaten Sinjai. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(1), 45-58.
Rahmawati, D. (2022). Pengintegrasian Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Abhats: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 10(2), 123-135.
Sulistiana, A. S. (2020). Efektivitas Pembelajaran PAI Berbasis Kearifan Lokal untuk Memotivasi Perkembangan Kecerdasan Spiritual Siswa SD N Jarakan Sewon, Bantul, Yogyakarta. Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Harman Susandi, Mahfud Ghozali, Chairul Anan, Muhammad Jupriannur, Mauli Efendi, Arif

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
EDUSPECTRA: Jurnal Penelitian dan Inovasi © 2025 by SMA Negeri 2 Sandai, Ketapang, Kalimantan Barat is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International




