IMPLEMENTASI COACHING DALAM PEMBELAJARAN: MENGUATKAN TUJUH DIMENSI BELAJAR BERBASIS LINGKUNGAN DI SEKOLAH MENENGAH
Keywords:
Coaching, Pembelajaran, Tujuh Dimensi Belajar, Kesadaran Lingkungan, Pendidikan Sekolah MenengahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas implementasi coaching dalam pembelajaran dalam memperkuat Tujuh dimensi Belajar (P7) yang berorientasi lingkungan. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini mengeksplorasi pengaruh coaching terhadap kesadaran lingkungan dan penghayatan nilai-nilai P7 di kalangan siswa SMAN 2 Sandai dan SMK Matan Hilir Utara. Data dikumpulkan dari siswa dan guru bidang studi di beberapa sekolah menengah yang dipilih secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan coaching secara signifikan meningkatkan minat belajar, keterlibatan, dan pemahaman siswa. Sebanyak 80% siswa merasa pelajaran yang terintegrasi dengan isu lingkungan lebih relevan, dan 75% merasa lebih termotivasi belajar. Guru melaporkan efektivitas coaching dalam meningkatkan kesadaran lingkungan dan minat belajar, meskipun ada tantangan dalam penyesuaian waktu dan materi. Observasi kelas menunjukkan keterlibatan tinggi siswa dalam diskusi dan tugas terkait nilai-nilai P7 dan isu lingkungan. Proyek siswa menampilkan kreativitas dan inovasi dalam solusi lingkungan serta penerapan nilai-nilai P7. Refleksi siswa menunjukkan 90% mengalami perubahan positif dalam pandangan mereka tentang kegiatan pembelajaran dan mampu menerapkan nilai-nilai P7 dalam kehidupan sehari-hari. Secara keseluruhan, integrasi coaching dalam pembelajaran memperkaya pengalaman belajar dan memperkuat karakter siswa sebagai warga yang bertanggung jawab dan peduli lingkungan.
References
Cheung, A. C. K., Xie, C., Zhuang, T., Neitzel, A. J., & Slavin, R. E. (2021). Success for All: A Quantitative Synthesis of U.S. Evaluations. Journal of Research on Educational Effectiveness, 14(1). https://doi.org/10.1080/19345747.2020.1868031
ICF. (2023). ICF, the Gold Standard in Coaching | Read About ICF. International Coaching Federation.
I Made Surat, I Komang Sukendra, I Dewa Putu Juwana, & I Wayan Widana. (2023). Pemibinaan Dan Pelatihan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Kota Bidang Bagi Siswa Sma Negeri 7 Denpasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widya Mahadi, 3(2). https://doi.org/10.59672/widyamahadi.v3i2.2979
Indrawati, F. (2021). Penerapan Virtual Coaching Dalam Pembelajaran. SINASIS (Seminar Nasional Sains).
International Coach Federation. (2024). International Coach Federation. International Coach Federation.
Juliana, J., Hasibuan, A., & Tanjung, D. S. (2023). Pelatihan Praktek Coaching Model Tirta untuk Pembelajaran yang Berpihak pada Murid di SMA Negeri 2 Meranti Kabupaten Asahan. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 6. https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v6i0.2229
Kartika, F. L. D. (2022). Pentingnya Membangun Budaya Coaching dalam meningkatkan Proses pembelajaran di Bidang Pendidikan. Pendidikan Tinggi Berdaya Saing Untuk Peningkatan Mutu XX.
Katzel, S. (2021). Coaching Teachers. In Win Your First Year in Teacher Leadership. https://doi.org/10.4324/9781003230274-6
Kolzow, D. R., Smith, C. C. C., Serrat, O., Dilie, H. M., Zeeshan, S., Ng, S. I., Ho, J. A., Jantan, A. H., Massey, J., Sulak, T., Sriram, R., Dennis, R. S., Bocarnea, M., Hai, T. N., Van, Q. N., Herbert, S. L., So-Jung Kim, Kyoung-Seok Kim, Y.-G. C., Guillaume, Dr. O., Honeycutt, Dr. A., … Ingram, O. C. Jr. (2021). Unit 5 Theories of Leadership. International Journal of Organizational Leadership, 1(1).
Kusumardi, A. (2023). Teknik Coaching Untuk Memahami Karakteristik Siswa Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i1.3133
Nurfitriyana. (2021). Analisis Faktor Penyebab Hasil Belajar Rendah Pada Siswa Kelas Xii Ipa Sma Muhammadiyah Sungguminasa. Frontiers in Neuroscience, 14(1).
Pambayun, P. S., & Dewi, N. K. (2015). Pengembangan Modul Pencemaran Lingkungan Berorientasi Paikem Menggunakan Limbah Batik Sebagai Sumber Belajar Di Sma. In Unnes Journal of Biology Education (Vol. 4, Issue 1).
Purnami, A. A. (2016). Hubungan Pola Asuh Demokratis dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Getasan. Analisis Nilai Moral Dalam Cerita Pendek Pada Majalah Bobo Edisi Januari Sampai Desember 2015.
Rahmi Ramadhani, M. P. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Software Geogebra. Jurnal Ilmiah INTEGRITAS, 2(1).
Septiani, A. (2022). Implementasi kurikulum merdeka ditinjau dari pembelajaran dan pelaksanaan P5 (studi di SMA Negeri 12 Kabupaten Tangerang). AKSIOMA : Jurnal Dan Pendidikan , 13(3). https://doi.org/10.26877/aks.v13i3.14211
Simorangkir, L., Ginting, F., M. Siallagan, A., & Vinseani Halawa, R. (2023). Hubungan Kecerdasan Spiritual Dan Kecerdasan Intelektual Dengan Perilaku Phubbing Pada Siswa Kelas 1 Dan 2 Di Sma Imelda Medan Tahun 2022. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(6). https://doi.org/10.59188/jcs.v2i6.417
Sport, A., & Anderson, E. P. with K. (2009). Coaching tennis technical and tactical skills. In Human Kinetics.
Suri, F., & Sianturi, F. V. (2023). Sikap Implementasi Integrasi Nasional Ditinjau Dari Nilai – Nilai Tujuh Dimensi Belajar Pada Siswa/Siswi Kelas X SMA Negeri 4 Kisaran Kabupaten Asahan. Mudabbir Journal Reserch and Education Studies, 1(1). https://doi.org/10.56832/mudabbir.v1i1.10
Tanggulungan, L., & Sihotang, H. (2023). Coaching Model Tirta dalam Supervisi Akademik: Strategi Inovatif untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3).
Zaralli, M. (2024). The Future of Coaching. In Virtual Reality and Artificial Intelligence. https://doi.org/10.4324/9781003439691-18
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rita Sumarni, Deri Feriyadi, Anita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
EDUSPECTRA: Jurnal Penelitian dan Inovasi © 2025 by SMA Negeri 2 Sandai, Ketapang, Kalimantan Barat is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International




